Rabu, 08 November 2017

Cara mudah mencegah penyakit jantung


Cara mudah mencegah penyakit jantung - Penyakit jantung adalah pembunuh nomer satu di Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri, penyakit ini tidak kalah menakutkannya. Selain itu, biasanya penyakit jantung hadir bersamaan dengan jenis penyakit lainnya, seperti tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular, diabetes, obesitas hingga serangan jantung. Meskipun penyakit jantung menyerang pria dan wanita. Resiko penyakit jantung khususnya pada wanita akan meningkat setelah menopause, hal ini tentu saja harus dicegah sejak dini.
Banyak cara untuk mencegah penyakit jantung, misalnya dengan menyantap makanan yang bisa memperlambat detak jantung. Karena langkah pengenalan dan pencegahan penyakit tentu saja lebih murah jika dibandingkan dengan biaya pengobatan itu sendiri.
Untuk memulainya, Anda bisa mempraktekkan beberapa cara mudah mencegah penyakit jantung pada pembahasan kali ini.
1. Jika anda adalah seorang perokok, segeralah berhenti merokok. Kita semua tahu bahwa menghisap asap rokok sangatlah tidak baik untuk kesehatan jantung, oleh karena itu segera hentikan kebiasaan merokok agar jantung tetap sehat.
2. Perbanyak konsumsi antioksidan. Setiap harinya secara sadar maupun tanpa disadari kita telah terkontaminasi oleh polusi udara, asap kendaraan bermotor atau asap rokok menyebabkanmunculnya radikal bebas di dalam tubuh kita. Radikal bebas di dalam tubuh dapat menyebabkan bisul atau endapan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyumbatan. Untuk dapat mengeluarkan kandungan radikal bebas dalam tubuh, perlu adanya antioksidan yang akan menangkap dan membuangnya. Kandungan antioksidan dapat anda peroleh dari berbagai macam buah-buahan dan sayur-sayuran.
3. Berapa tekanan darah dalam tubuh anda? Kenalilah tekanan darah pada tubuh anda, dan upayakan tekanan darah dalam tubuh mencapai angka 115/75. Tekanan darah mungkin bahkan lebih penting daripada kolesterol anda. Cara terbaik untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan  olahraga teratur, dan kurangi lemak di perut. Kenapa? karena lemak diperut ini dapat menutupi organ-organ penting dalam tubuh, supaya organ-organ ini bisa bekerja lebih baik, dibutuhkan tekanan darah lebih. Jadi, ketika lemak perut berkurang, tekanan darah yang dibutuhkan akan menurun drastis.
4. Mengkonsumsi sepotong coklat. Percaya atau tidak, dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa mengkonsumsi coklat hitam mampu menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut kemungkinan disebabkan oleh kandungan flavonoid yang terdapat pada coklat hitam yang mampu menjaga saluran arteri tetap fleksibel. Selain itu, sifat lainnya yang terdapat pada coklat hitam juga dipercaya dapat mencegah kolesterol jahat atau LDL dari oksidasi, bahkan cenderung mencegah munculnya plak. Coklat hitam juga mengandung banyak serat dan magnesium yang baik untuk kesehatan. Namun tetap ingat, Anda harus menghindari susu coklat, karena lemak pada susu mampu meningkatkan kolesterol.
5. Gunakan vitamin B kompleks. Pada sebuah penelitian yang dilakukan di Swiss menyatakan bahwa 200 orang pria dan wanita yang mengkonsumsi vitamin B, yaitu asam folat, vitamin B6 dan vitamin B12 memiliki kadar homosistein lebih rendah 40 persen ketika melakukan operasi membuka arteri dibandingkan dengan orang-orang yang tidak mengkonsumsi vitamin tersebut. Bahkan, penelitian tersebut juga menunjukan bahwa mengkonsumsi vitamin B kompleks mampu membuat pembuluh darah lebih luas.
6. Hindari sleep apnea. Cara selanjutya adalah dengan menghindari dan menyembuhkan penyakit sleep apnea. Penyakit ini sendiri menyerang ketika Anda tertidur. Biasanya dampaknya adalah muncul suara dengkuran dan cara menyembuhkannya tentu harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.
7. Tidur teratur. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard menyebutkan bahwa 7.000 wanita yang mengikuti tes untuk tidur kurang dari 7 jam memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih tinggi. Para ilmuwan tersebut berspekulasi bahwa faktor yang mempengaruhinya berkenaan dengan peningkatan tekanan darah, peningkatan hormon stres dan pengaruh kadar gula dalam darah.
8. Banyak mengkonsumsi ikan. Ada banyak cara mengolah ikan menjadi makanan yang lezat, oleh sebabnya tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak suka ikan. Dalam sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2002 oleh Journal American Medical Association menyebutkan bahwa wanita yang mengkonsumsi ikan setiap minggunya memiliki risiko terkena serangan penyakit jantung lebih kecil atau memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung lebih sedikit dibandingkan Mereka yang mengkonsumsi ikan hanya sebulan sekali. Bahkan, dalam studi lainnya disebutkan bahwa mengkonsumsi ikan secara konsisten dan teratur mampu mengurangi risiko terjadinya detak jantung tak beraturan dan fibrilasi atrium yang menjadi salah satu penyebab kematian secara mendadak.
9. Konsumsi makanan sereal kaya serat. Cara mencegah penyakit jantung lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi sereal berserat tinggi minimal empat kali dalam seminggu. Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh American Journal of Clinic Nutrition disebutkan bahwa wanta yang mengkonsumsi makanan berserat sebanyak 23 gram setiap hari memiliki risiko terkena serangan jantung 23 persen lebih kecil dibandingkan mereka yang hanya mengkonsumsi 11 gram serat. Sedangkan untuk pria, penelitian menunjukan bahwa diet dengan mengkonsumsi serat yang tinggi mampu mencegah kemungkinan terkena serangan jantung hingga mencapai 36 persen.
10. Konsumsi teh. Baik itu teh hijau maupun hitam memiliki manfaat yang baik untuk mencegah penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian dari 17 studi disebutkan bahwa mengkonsumsi teh sebanyak tiga gelas setiap hari mampu mengurangi risiko terkena serangan jantung hingga mencapai 11 persen. Namun sebaiknya konsumsi teh dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan. Biasanya cangkir yang digunakan untuk meminum teh cangkir berukuran sangat kecil.
11. Konsumsi buah ceri setiap hari. Kandungan senyawa anthocyanin yang terdapat pada ceri merah diteliti mampu menurunkan risiko terkena asam urat dalam darah, yang Kita tahu menjadi penanda munculnya serangan jantung dan stroke.
12. Konsumsi keluarga kacang-kacangan. Mengkonsumsi kacang dapat Anda jadikan cara mudah mencegah penyakit jantung yang efekif. Dalam sebuah studi disebutkan bahwa folat yang terkandung pada kacang jika dikonsumsi secara teratur mampu menurunkan risiko terkena stroke sebanyak 20 persen dan risiko penyakit jantung sebanyak 13 persen.
Itulah tips Cara mudah mencegah penyakit jantung yang bisa anda terapkan. Langkah-langkah sederhana yang sebenarnya dapat kita lakukan sehari-hari, namun kadang terasa sulit karena tidak ada kemauan dan komitmen untuk hidup sehat, dan menjaga kesehatan jantung kita. Oleh karena itu, mulailah dari sekarang untuk sadar akan pentingnya menjaga kesehatan jantung.
#kesehatan#kesehatanjantung#penyakitjantung#jantung#caramudahmencegahpenyakitjantung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar