Senin, 09 Oktober 2017

Bagaimana Sih Cara Olahraga Pagi Yang Benar


Banyak orang bisa mendapatkan berjuta manfaat dari olahraga di pagi hari. Salah satunya adalah mendapatkan oksigen segar untuk metabolisme tubuh. Tetapi tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara berolahraga yang benar di pagi hari. Akibatnya, meski berolahraga di pagi hari, justru tubuh dapat mengalami pegal dan kondisi fisik jadi menurun. Pentingnya mengetahui teknik olahraga yang benar adalah supaya badan sehat, segar, dan kebugaran tubuh meningkat. Ini merupakan fakta, bukan mitos yang mengada-ada.
Berikut Cara Olahraga Pagi Yang Benar :


1. Minum Air Putih Sebelum Olahraga
Biasakan untuk meminum air putih atau air mineral sebelum berangkat berolahraga. Bahkan, akan lebih baik jika anda rajin minum air putih setelah bangun tidur. Sebelum memulai olahraga, minumlah dua sampai tiga gelas air putih agar tubuh tidak kekurangan cairan (dehidrasi) sekaligus menjaga daya konsetrasi otak saat berolahraga.
2. Memulai Olahraga Pukul 6 Pagi
Olahraga baik yang baik bisa dimulai dari jam 6 pagi. Waktu tersebut sangat baik untuk memulai olahraga karena Anda bisa merasakan hawa yang sejuk. Pukul6 pagi juga menghasilkan kondisi udara yang menyehatkan paru-paru, sehingga dapat menghindarkan tubuh dari masalah gangguan pencernaan.
3. Lakukan Pemanasan Sebelum Olahraga
Melakukan pemanasan sebelum olahraga pagi hukumnya wajib! Coba anda bayangkan : setelah semalaman otot tubuh beristirahat, tiba-tiba anda langsung memaksanya lari keliling komplek. Tentu otot-otot akan kaget dan beresiko terkena kram atau bahkan pusing-pusing sakit kepala.
4. Lakukan Jogging Ringan
Setelah melakukan peregangan otot dan sendi, kini saatnya Anda memulai tahap berikutnya yaitu jogging atau lari-lari kecil. Anda bisa jogging ringan mengelilingi kompleks atau sekitar rumah kemudian dilanjutkan dengan lari pagi atau jalan cepat. Lakukan jogging sekitar 20 sampai 30 menit untuk membakar kalori dan lemak. Untuk bersiap melakukan jogging Anda harus mengenakan sepatu yang nyaman untuk melindungi alas kaki, bawa jam atau penghitung waktu untuk mengetahui berapa waktu yang sudah Anda tempuh, gunakan pakaian sederhana dan nyaman dikenakan, jika perlu siapkan alat untuk mendengarkan musik agar jogging pagi Anda makin bersemangat.
5. Olahraga Pagi Sesuaikan Dengan Hobi
Tahukah anda, badan sehat hanya manfaat lain dari olahraga pagi? Sedangkan manfaat yang paling utama dari berolahraga di pagi hari adalah kondisi jiwa dan mental yang sehat. Tentu akan percuma jika anda melakukan olahraga tanpa perasaan suka cita. 

Oleh karena itulah, pilih jenis olahraga yang anda sukai dan sesuai dengan hobi masing-masing. Bisa bersepeda, bulu tangkis, bola basket atau sekedar lari beberapa kali putaran.
6. Pendinginan
Setelah selesai berolahraga seperti jogging atau berlari, Anda bisa berjalan ringan selama beberapa menit untuk proses pendinginan. Tetapi jika sejak awal Anda olahraga dengan jalan kaki, maka berdirilah beberapa menit agar suhu tubuh, nafas, dan detak jantung kembali normal. Selanjutnya Anda bisa melakukan hal lain seperti mandi atau makan. Olahraga di pagi hari dapat meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan. Jika Anda ingin berolahraga pagi, maka manfaatkan sebaik-baiknya. Selain itu, olahraga di waktu sendiri dapat mendatangkan ketenangan diri.
Dari penjabaran di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa cara melakukan olahraga pagi yang tepat dan benar dimulai dari minum air putih sebelum berangkat pemanasan. Yang tidak kalah penting, pilihlah olahraga yang sesuai dengan hobi anda masing-masing agar supaya didapat manfaat komplit yaitu sehat jasmani dan rohani. Selain olahraga, anda juga bisa mengkonsumsi suplemen kesehatan EDG3 untuk mendapatkan antioksidan yang juga penting untuk tubuh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar